MENDENGARKAN SUARA HATI



Apakah kamu..

Seorang pendengar yang BAIK..?
Apakah kamu..
Seorang pendengar yang baik..
Bagi anak-anakmu..?
Bagi teman-temanmu..?
Bagi siapa saja..?
Mungkin saja TIDAK..!
Kamu mungkin..
Justru dianggap PEMBICARA yang baik..!


Mendengarkan dengan baik..
Berarti MEMPERHATIKAN..!
Tidak sekedar MENUNGGU giliran..
Untuk meluapkan KELUHAN..!


Mendengar lebih dari sekedar aktivitas..
Tanpa ada PEMBICARAAN..!
Mendengarkan..
Sambil melakukan berbagai kegiatan lain..
Melamun atau mengarahkan PANDANGAN..
Ke tempat yang lain ..
Juga tidak termasuk sedang MENDENGARKAN..!


Mendengarkan adalah proses aktif..
Untuk mendengar apa yang dikatakan orang lain..!
Itu berarti MEMANDANG mata mereka..
MEMPERHATIKAN bahasa tubuh mereka..
Lalu MEMPROSES senuanya..
Untuk MENENTUKAN apa..
Yang sesungguhnya DIKATAKAN mereka..!


Seorang PENDENGAR yang BAIK..
Menanyakan pertanyaan-pertanyaan LANJUTAN..
Untuk menentukan apa..
Yang SESUNGGUHNYA ada di dalam HATI..!


Saat kamu benar-benar MENDENGARKAN..
Orang yang BERBICARA akan MERASA..
Setidaknya untuk sesaat..
Bagaikan orang paling PENTING di dunia..!


Kadang sering kali TAKUT dan KHAWATIR..
Tentang apa yang TERJADI esok..!
Dengan MENDENGARKAN..
Dan BENAR-BENAR mendengarkan..
Kamu memberikan KETENANGAN..!


Entah kamu mendengarkan seorang SAHABAT..
Mendengarkan KHOTBAH..
Atau SERUAN seorang anak..
Bagian yang TERPENTING..
Adalah mendengarkan SUARA HATI mereka..!


“Camkanlah apa yang kamu DENGAR..!
Ukuran yang kamu PAKAI..
Untuk mengukur akan DIUKURKAN kepadamu..
Dan di samping itu..
Akan DITAMBAH lagi kepadamu..!”
(Mrk. 4:24)


TUHAN..
Aku akui..
Bahwa aku terkadang BERMASALAH..
Dengan MENDENGARKAN..!


Aku BERDOA..
Kiranya ENGKAU menolongku..
Untuk MENDENGARKAN..
Meskipun aku sedang sibuk..
Bahkan ketika aku tidak suka..
Apa yang dikatakan orang lain..!


ENGKAU menyuruh aku..
Untuk MENDENGARKAN..
Dan aku BERDOA..
Kiranya ENGKAU mengingatkan..
Menguatkan..
Dan memfokuskan aku..
Untuk MENDENGAR..!


GOD Bless us :)


Direpost dari  KEHIDUPAN ROHANI KRISTEN

Comments

Popular posts from this blog

Herbal dan bumbu dapur

PR KIMIA II Kelas VII SMP